Minggu ke-6
1.
Jelaskan perbedaan jenis pasar dan
masing-masing beri 3 contoh!
Berdasarkan Wujudnya
Menurut wujudnya pasar dibedakan
menjadi pasar konkret dan pasar abstrak :
a. Pasar Konkret (pasar nyata)
merupakan
pasar yang menunjukkan suatu tempat terjadinya hubungan secar langsung (tatap
muka) antara pembeli dan penjual. Barang yang diperjualbelikan pun berada di
tempat tersebut. Misalnya pasar-pasar tradisional dan swalayan.
b. Pasar Abstrak (tidak nyata)
merupakan pasar yang menunjukkan hubungan
antara penjual dan pembeli, baik secara langsung maupun tidak langsung,
barangnya tidak secara langsung dapat diperoleh pembeli. Misalnya, pasar modal
di Bursa Efek Indonesia.
2. Berdasarkan Waktu Terjadinya
Menurut
waktu terjadinya pasar dibedakan menjadi pasar harian, pasar mingguan,
pasar bulanan, pasar tahunan, dan pasar temporer.
a. Pasar Harian merupakan
pasar yang melakukan aktivitas setiap hari. Misalnya pasar pagi, toserba,
dan warung-warung
b. Pasar mingguan merupakan
pasar yang melakukan aktivitas setiap satu minggu sekali. Misalnya pasar senin
atau pasar minggu yang ada di daerah pedesaan
c. Pasar bulanan merupakan
pasar yang melakukan aktivitas setiap satu bulan sekali. Dalam aktivitasnya
bisa satu hari atau lebih. Misalnya, pasar yang biasa terjadi di depan
kantor-kantor tempat pensiunan atau purnawirawan yang mengambil uang tunjangan
pensiunannya tiap awal bulan.
d. Pasar tahunan merupakan
pasar yang melakukan aktivitas setiap satu tahun sekali. Kejadian pasar ini
biasanya lebih dari satu hari, bahkan bisa mencapai lebih dari satu bulan.
Misalnya Pekan Raya Jakarta, pasar malam, dan pameran pembangunan.
e. Pasar temporer merupakan
pasar yang dapat terjadi sewaktu-waktu dalam waktu yang tidak tentu (tidak
rutin) pasar ini biasanya terjadi pada peristiwa tertentu. Misalnya pasar
murah, bazar, dan pasar karena ada perayaan kemerdekaan RI.
3. Berdasarkan Luas
Jangkauannya
Menurut luas jangkauannya pasar
dibedakan menjadi pasar lokal, pasar nasional, dan pasar internasional.
a. Pasar lokal merupakan pasar
yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah
tertentu saja.
b. Pasar nasional merupakan
pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli dari berbagai daerah atau wilayah
dalam suatu negara. Misalnya, pasar kayu putih di Ambon dan pasar tembakau di
Deli.
c. Pasar internasional penjual
dan pembeli dari berbagai negara. Misalnya pasar tembakau di Bremen Jerman.
4. Berdasarkan Hubungannya
Dengan Proses Produksi
Menurut hubungannya dengan proses
produksi pasar dibedakan menjadi pasar output dan pasar input.
a. Pasar output (pasar produk)
merupakan pasar yang memperjualbelikan barang-barang hasil produksi (biasanya
dalam bentuk jadi).
b. Pasar input (pasar
faktor produksi) merupakan interaksi antara permintaan dan penawaran terhadap
barang dan jasa sebagai masukan pada suatu proses produksi (sumber daya alam,
berupa bahan tambang, hasil pertanian, tanah, tenaga kerja, dan barang modal).
1.
Buatlah skema bauran pemasaran!
- SKEMA PEMASARAN
1.
Sebut dan jelaskan tujuan sistem pemasaran !
- Memperkenalkan Produk kepada Umum
- Melakukan Promosi baik dalam bentuk fisik maupun maya
- Mendukung Penjualan hingga terjadinya penjualan
- Melakukan pemetaan terhadap pasar (market share, dsb)
- Analisa terhadap kompetitor (pesaing usaha)
- Membuat Feed back bagi produksi (tentang kekurangan dan kelebihan produk yang dibuat dan dipasarkan)
- Sebagai acuan / pertimbangan untuk peningkatan produksi pada periode selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar